Kamis, 17 Agustus 2017

Penyebab Ketidaksuburan

Kenyataan menunjukkan 40 persen masalah yang membuat sulit punya anak terdapat pada wanita, 20 persen pada pria, dan 30 persen pada keduanya. Jadi tidak benar anggapan bahwa kaum wanita lebih bertanggung jawab terhadap kesulitan mendapatkan anak.
Berikut penyebab umum pria kurang subur :

  1. Sperma Yang Tidak Normal
Jumlah  sperma ideal sekitar 20 juta per 1 cc cairan sperma. Jika jumlahnya dibawah itu disebut sebagai jumlah sperma rendah/oligozoospermia. Bentuk sperma harus baik dan dapat bergerak menuju sel telur jika bentuk dan strukturnya abnormal dan gerakannya kurang baik maka sperma tidak dapat mencapai dan membuahi sel telur.

  1. Gangguan Fungsi atau Produksi Sperma
Beberapa factor yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah :
    • Varikokel
Merupakan penyebab terbanyak infertilitas pria. Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah balik/vena di sekitar buah zakar. Sebagian besar varikokel tidak disertai rasa sakit walaupun ada juga yang mengeluh pegal-pegal di daerah tersebut, terutama pada saat aktifitas berlari atau berjalan jauh. Varikokel ditemukan pada 15 persen penderita.

Tindakan yang saat ini dianggap paling tepat adalah dengan operasi berupa pengikatan varikokel tersebut. Suatu penelitian dengan pembanding menunjukkan keberhasilan tindakan pada 66 persen penderita berupa peningkatan jumlah spermatozoa dan kehamilan, dibandingkan 10 persen pada kelompok yang tidak dioperasi

    • Testis Tidak Turun
Testis gagal turun adalah kelainan bawaan sejak lahir, terjadi saat salah satu atau kedua buah pelir tetap berada di perut dan tidak turun ke kantong skrotum. Karena suhu yang lebih tinggi dibandingkan suhu pada scrotum, produksi spermatozoa mungkin terganggu.

    • Penurunan Kadar Hormon Testoteron
Penurunan kadar hormone testoteron  dapat mempengaruhi kemampuan testis dalam memproduksi spermatozoa. Pengobatan hormone, diperlukan jika memang hormone yang menjadi masalah, pengobatan diharapkan dapat mengembalikan hormone pada kondisi normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Ketidaksuburan

Kenyataan menunjukkan 40 persen masalah yang membuat sulit punya anak terdapat pada wanita, 20 persen pada pria, dan 30 persen pada k...