Senin, 07 Agustus 2017

Gaya Hidup vs Fertilitas



GAYA HIDUP VERSUS FERTILITAS

Disadari atau tidak, ancaman infertilitas mudah mengintai masyarakat kota. Gaya hidup masyarakat yang sudah jauh berubah menuju gaya hidup yang tidak sehat. Dari suatu penelitian yang dilakukan di Australia ditemukan bahwa terdapat bukti yang kuat bahwa usia, berat badan, kesehatan secara umum dan merokok dapat mempengaruhi kemampuan menjadi hamil. Dari kumpulan 20 penelitian ditemukan penurunan kualitas dan kuantitas spermatozoa sebanyak 13-17 persen pada pria yang merokok kronik.

Gaya hidup yang sering berada di tempat yang panas, seperti lingkungan kerja yang panas, sering berada di sauna atau berendam di air panas juga dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria. Marihuana atau narkoba lainnya dapat menurunkan kualitas dan kuantitas spermatozoa.

Hati-hati juga dengan alcohol. Pada pria, alcohol akan menyebabkan terjadinya penurunan ukuran testis, menurunkan volume semen/air mani, motilitas, dan morfologi normal spermatozoa.


TIP AGAR SUBUR

  1. Tidak merokok
  2. Tidak minum alcohol
  3. Menjaga kesehatan daerah scrotum
  4. Menjaga dari kemungkinan penyakit menular seksual
  5. Jangan terlalu sering melakukan kegiatan yang menyebabkan peningkatan suhu scrotum seperti berendam dalam air panas, sauna, bekerja di suhu yang terlalu panas, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Ketidaksuburan

Kenyataan menunjukkan 40 persen masalah yang membuat sulit punya anak terdapat pada wanita, 20 persen pada pria, dan 30 persen pada k...